Minggu, 15 Juni 2008

--Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu—

Itulah yang saya simpulkan dari pengalaman saya di hari sabtu kemarin…kenapa saya bisa menyimpulkan demikian…karena begini ceritanya…;))

Di minggu2 ini saya merasakan ada bagian yang hilang dari diri saya…hidup menjadi hambar dan tidak nyaman dengan diri sendiri…

Setelah saya coba untuk menganalisa, apa yang terjadi dengan diri saya, bahwa ternyata ada beberapa aktivitas rutin yang saya tinggalkan…diantaranya adalah :

1. Sudah hampir lama juga ternyata saya tidak mengikuti PU Ngobras (Ngobrolin Islam di Rabu sore)..

2. Ke kajian shaum sunnah pun juga sering bolong – bolong

3. Pada intinya adalah jarang menghadiri majelis ilmu..

Sehingga akibatnya saya dijauhkan dari lingkungan orang – orang shalih dan dijauhkan dari tempat yang banyak malaikat mendo’akan disana…Selain itu juga mungkin saya terlalu banyak melakukan aktivitas – aktivitas yang hukumny adalah mubah…Astaghfirullah…

dari situlah mungkin hingga akhirnya mengakibatkan hidup ini menjadi tidak bersemangat dan kehilangaan arah karena sebenarnya pada saat itu syaitan sedang berusaha membelokan arah kehidupan…

Ini berbeda dengan hari sabtu kemarin. Pada hari itu saya menghadiri kajian sabtu duha di mesjid Ulil Albab yang diadakan Takmir Mesjid Ulil Albab. Ada perasaan gembira dan senang setelah pulang dari sana, seperti ada secercah cahaya yang masuk ke dalam hati yang sedang gelap…tema kajian nya tentang penyikapan terhadap Kasus Ahmadiyah dan FPI…untuk resumenya dalam pembahasan tersendiri.

Setelah itu di malam hari nya Allah masih menganugerahkan nikmat ilmu-Nya kepada hamba-Nya yang lemah ini. Malam ahad kali ini saya masih berada di luar rumah, sebuah aktivitas yang jarang sekali saya lakukan. Biasanya hanya di rumah, nongkrong di depan radio MQ 92,3 FM mendengarkan acara curhatannya para remaja dan kaum2 yang sedang menghadapi permasalahan gharizah nawu’ nya (exm : ketertarikan thd lawan jenis, kasih sayang, dan hal2 yang terkait dgn itu)..tapi kali ini beda, saya dan temen2 crew MQ dijakin mas andy (si bos) and mas reza utk mengikuti acara salah satu penyiar MQ FM yaitu mas reza alias oman yang mau ngisi materi teori komunikasi di salah satu acara pemuda-pemudi salah satu desa, yang ternyata adalah acara pengajian (waahh seneng nya saya saat itu ketika tahu acaranya adalah acara pengajian). Dan Alhamdulillah banyak yang saya dapatkan dari sana, tentunya salah satunya adalah cara – cara dalam berkomunikasi dan ada hal – hal lain yang saya rasakan, seperti motivasi dan semangat baru.

O iya, sebelum ke kajian pun saya dapat ilmu IT tentang mengedit2 video menggunakan salah satu software utk editing video...hihihi mungkin orang lain sudah pada jago..

Sehingga pada hari sabtu kemarin, nikmat Ilmu yang Allah karuniakan sangat banyak, mulai ilmu IT, Islam, dan teori berkomunikasi….Subhanallah..itu baru nikmat yang disadari, sedangkan nikmat yang tidak disadari pasti lebih banyak…

Jadi kesimpulannya adalah teman – teman ku…

1. Ilmu adalah pupuk dari iman, ketika kita menjauh dari ilmu maka sesungguhnya kita sedang menghancurkan iman kita sendiri…tapi tentunya tidak cukup sekedar mencari ilmu…tapi mencari ilmu dengan niat yang benar yang akan menjadi pupuk iman..

2. Kita memang tidak kuat jika sendiri, maka carilah lingkungan yang dapat menguatkan iman kita…berkumpul dengan orang-orang sholeh seperti dalam lagunya opik yang dilansir dari salah satu hadist, dan sudah kewajiban kita menggabungkan diri dalam dakwah berjama’ah, sehingga pada saat futur, ada orang yang rela mengingatkan kita.. dan juga untuk saya sendiri dan teman – teman ku seperjuangan, jangan enggan untuk menegur ketika ada salah satu dari kita ada yang salah..jangan sampai nanti di akhirat dia mengatakan “dimana kalian ketika saya sedang futur…???”

3. Senantiasa meminta kepada Allah untuk senantiasa berada dalam ketaatan kepada-Nya

Masih ada lagi..tapi dah ditungguin orang..nanti lagi ya….;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar